2017 Dipastikan 35 Persen Siswa SMP Ikut UNBK

Amurang,Lintas SuaraKawanua– Ujian Nasional (UN) tingkat SMP se Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dipastikan digelar Mei 2017 dengan melibatkan 1.416 siswa. Namun untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), hanya diikuti 12 SMP, sedangkan UN biasa akan melibatkan 72 SMP.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minsel Dr Fietber Soleman Raco, MSi menjelaskan, total sekolah peserta UN 2017 di daerah ini mencapai 84 SMP. ‘’Ada 12 SMP diantaranya siap menggelar UNBK pertama kali. Sedangkan, 72 SMP mengikuti cara UN biasa,” katanya kepada Fajarmanado.com di Amurang, Kamis (9/2).

Dijelaskannya, 5 dari 12 SMP tersebut mengikuti UN bergabung dengan SMK karena belum memiliki fasilitas komputer yang cukup. “Jadi kami membijaksanai ke 5 SMP itu mengikuti UN di SMK terdekat yang punya fasilitas komputer yang cukup,’’ Kata Raco.

Ditambahkan Raco, terdapat 7 SMP yang disebut mandiri alias menggunakan sarana computer/laptop milik siswa. Jadi, untuk ke-7 SMP mandiri tersebut menyatakan tetap konsukwen menggelar UNBK tanpa bergabung dengan SMP lainnya.

Sementara itu, kata Raco peserta UNBK di 12 SMP berjumlah 1.416 siswa. ‘’Saat ini, ke-12 SMP sudah selesai divalidasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, dalam hal ini Dinas Pendidikan Daerah Sulut,’’jelas mantan Kabid Dikdas Dinas Dikpora Minsel ini.

Lima SMP yang bergabung dengan menggunakan sarana computer adalah SMPN 1 Amurang (Gabung di SMKN 1 Amurang), SMPN 1 Amurang Timur (Gabung di SMKN 1 Amurang), SMPN 1 Tareran (Gabung SMAN 1 Tareran), SMPN 3 Modoinding (Gabung di SMKN 1 Modoinding) dan SMPN 1 Tompasobaru (Gabung di SMKN 1 Tompasobaru).

Ke 7 SMP yang mandiri tersebut yakni, SMPN 1 Modoinding, SMPN 1 Tenga, SMPN 1 Motoling, SMP Kristen Motoling, SMP Katolik Aquino Amurang, SMPN 2 Amurang dan SMPN 1 Tumpaan.

“Namun, untuk ke-7 SMP peserta UNBK tahun 2017 wajib menyediakan jaringan internet, genset, headset pada mata pelajaran tertentu. Dan juga UPS pada setiap client dan server. Khusus SMP bergabung (kerjasama, red) dengan SMA/SMK terdekat segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan menjadi tanggungjawab SMP penyelenggara UNBK,’’ pungkasnya.(Ape/hanny)

Iklan