2017 Setiap Desa Akan Kelola Dandes Sebesar 842 Juta

Kadis PMD Minsel Efer Poluakan 

Amurang,SuaraKawanua-   167 Desa uang ada di Kabupaten Minsel,di Tahun 2017 ini, akan segera menikmati Dana Desa (Dandes) sebesar Rp 174 miliar lebih. Dan Dana ADD sebasar 54 M. Jadi dalam setahun Satu Desa akan menikmati dana desa sebanyak   Rp 742 juta hingga Rp 842 juta. Dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minsel Drs Evert Poluakan membenarkannya.

‘’Ya, untuk Dana Desa atau Dandes tahun 2017 terjadi kenaikan sangat signifikan dari tahun 2016 karena menjadi total 174 miliar. Dana Desa tahun 2017 adalah program Presiden Joko Widodo yang diperuntukan untuk desa di Indonesia. Khusus 167 desa di Minsel tang sebesar itu segera dikucur Dandes 2017,’’ujar Poluakan, Kamis (2/2/2017).

Lanjut Poluakan, kenaikan Dandes tahun 2017 terjadi disemua desa di Indonesia. Namun demikian, DPMD Minsel berharap agar supaya pengelolaan Dandes benar-benar dilakukan dengan baik.

‘’Ingat, bila terjadi masalah KPK langsung menangkap penyelenggara dalam hal ini Hukum Tua maupun Sekdes. Bahkan, seperti diketahui pemerintah pusat telah bekerjasama dengan KPK untuk menindaklanjuti penyalagunaan Dandes disemua desa di Indonesia. Didalamnya 167 desa di Minsel juga sedang diawasi KPK,’’jelasnya.

Poluakan juga me-warning 167 hukum tua di Minsel untuk mengelola dandes dengan baik. Agar supaya, tak terjadi masalah dengan dandes 2017, dan pasti tidak akan tercium oleh KPK.

Mantan Sekretaris Dinas Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Minsel berjanji akan mengawasi pemanfaatan dana pemerintah pusat tersebut sebaik-baiknya.

“Saya juga mengharapkan agar masyarakat ikut bersama-sama dan berperan aktif melakukan pengawasan. Jangan setelah warganya sebagai tim sukses sewaktu Pilhut 2016 lalu justru yang menyetir oknum hukum tua untuk melakukan korupsi,” paparnya.

“Sekali lagi, saya ingatkan supaya warga desa setempat ikut mengawasinya. Jangan sebaliknya masyarakat yang berusaha menyetir hukum tua untuk melakukan korupsi,’’ tutul Poluakan.(hanny)

Iklan