2017 TPI Amurang Akan Segera Berfungsi

Amurang,LintasSuaraKawanua-Setelah beberapa Kepala Dinas DKP Minsel menjabat di TPI Amurang,tapi dengan dijabatnya Dinas Kelautan Dan Perikanan Minsel oleh Ir Alexander  Sonambela MSi, Pelelangan Ikan (TPI) milik Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang sebelumnya tidak beroperasi, akhirnya akan beroperasi pada 2017 ini. Pernyataan tersebut diutarakan oleh Kepala DKP Minsel Alexander Sonambela melalui Kepala Bidang TPI, Trully Botto.
Menurut Botto dinas Terkait beusaha supaya di tahun 2017 ini, TPI Amurang akan segera di aktivekan.  ” Kami akan mengusahakan TPI segera beroperasi tahun ini (2017). Hanya saja bangunan TPI masih akan diperbaiki terlebih dahulu karena sudah rusak.  Terlebih untuk instalasi listrik dan air juga rusak.  Namun, hal.ini masih menunggu anggaran, meski demikian lokasi TPI akan Beroperasi tahun 2017,” kata Dia.

Lebih lanjut dikatakan, pengoperasian TPI akan memberikan dampak positif. Selain akan ada kemajuan ekonomi bagi para nelayan, akan ada pendapatan asli daerah (PAD) yang bisa dipungut.

”Jika TPI sudah beroperasi, kami akan berunding dengan kelompok nelayan yang mendapat bantuan kapal dari Pemerintah serta pemilik kapal ikan pribadi untuk menjual ikan hasil tangkapan ke TPI. Setelah itu, pemborong tidak lagi membeli langsung ke nelayan melainkan membeli langsung ke pengelolah TPI. Dengan begitu, akan ada PAD untuk Pemerintah dalam hal ini DKP Minsel,”Kata Botoo.(hanny)

Iklan