Melalui Test Asesmen 14 Kepala OPD Bersifat Plt Bisa Bergeser


Amurang,LintasSuaraKawanua-14 pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) baru yang masih berstatus pelaksana tugas (Plt). Posisi mereka dipastikan bisa bergeser kepala aparatur sipil negara (ASN) lain apabila tidak lolos uji atau tes assessment.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan (BKPP) Minsel, Drs Ferdinand Roy Tiwa melalui Sekretaris BKPP Minsel Ir Marthin L Tarigan mengatakan, aparatur sipil negara (ASN) yang masih berstatus Plt dalam jabatannya masih harus memenuhi berbagai kriteria.

“Jadi (posisi) mereka belum pasti, apakah akan dilantik menjadi pejabat definitif atau diganti. Mereka harus menunjukkan kinerja dan lolos assessment,” katanya.

Tarigan mengatakan, bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE dan wakil bupati Franky Donny Wongkar, SH memberikan kepercayaan kepada 14 pejabat eselon II sebagai Plt lantaran masih mencari siapa yang akan didevinitifkan.

‘’Jadi, jabatan Plt juga masih akan mengikuti tes assessment yang akan dilaksanakan BKPP Minsel atau BKD Provinsi Sulawesi Utara. Juga, mereka wajib mengikuti arahan panitia seleksi,” katanya.

Karena itu, ia menegaskan kembali bahwa mereka yang masih berstatus Plt belum dapat dipastikan akan ditingkatkan statusnya menjadi definitif.

“Jadi belum aman. Bupati CEP juga sementara melakukan evaluasi apakah selang beberapa bulan ini mereka bisa bekerja dengan baik, atau tidak. Kalau pun kinerja mereka bagus, tentu masih juha harus lolos assessment,” kata Tarigan yang juga mantan salah satu kepala bidang di Dinas Perkebunan Minsel ini.

Kapan tes assessment dilakukan, Tarigan mengatakan, menolak memberikan keterangan. ‘’Soal itu, silahkan tanya kepada pak Drs Ferdinand Roy Tiwa sebagai Kepala BKPP (Minsel),”  

yang pasti ada sekitar 14 pejabat eselon II dil ingkungan Pemkab Minsel hanya dengan Nota Dinas Bupati dengan jabatan Plt.

Mereka, antara lain, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DR Fietber Raco, MSi, Plt Kepala Dinas Perhubungan Verra Lasut, SSTP, Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Meity Tumbuan, SPd MSi, Plt Kepala Dinas Sosial Dra Sofie Sumampow.

Juga Plt Kepala Dinas Pariwisata Frengky Toar, SE, Plt Kepala Dinas Perdagangan Adrian Sumuweng, SP MSi, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Roi Sumangkut, ST MT, Plt Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu Franki Pasla, SE MSi, Plt Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Ever Kawalo, SE, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs Ever Poluakan, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Alexander Sonambela, Plt Kepala Sat Pol PP dan Damkar Drs Nofriet Ransulangi dan Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Joike Langkun, SH.(tim/hanny)

Iklan