Cuaca  Estrime Bupati Himbau Warga Minsel Supaya Waspada

Amurang,Lintas SuaraKawanua-Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, melalui Kabag Humas Kabupaten Minsel Hendri Palit, menghimbau, untuk seluruh warga Minsel, terlebih warga yang betdomisili didaerah rawan longsor supaya tetap waspada akan Cuaca Extrim yang terjadi, Pasalnya.
Hujan deras, dan angin ribut memungkinkan terjadinya pohon tumbang, tanah longsor, dan banjir, meskipun Bupati CEP berada di luar negeri.

Menurut Kabag Humas dan Protokoler Henry Palit,Bupati Minsel terus memantau , akan akibat curah hujan begitu tinggi, hal itu beliau menghimbau kepada masyarakat yang memiliki pohon perindang milik pribadi sudah dapat mengurangi ranting dan dahan di musim penghujan ini, mengingat untuk mencegah tumbangnya pohon.

” Bupati Himbau juga kepada masyarakat yang mempunyai pohon tinggi, sudah mulai mengurangi. Jika ada yang melihat pohon di tepi jalan umum yang sepertinya mau tumbang, bisa dilaporkan ke kami,” ujarnya palit.

Untuk itu bagi masyarakat serta penduduk di daerah Bantaran sungai supaya segera mengantisipasipasi, kemungkinan yang terjadi, di mana beberapa tahun lalu bencana orang hanyut pernah terjadi menimpa warga desa Tangkunei, kecamatan Tumpaan.

Bupati Minahasa Selatan melalui Kabag Humas untuk menyampaikan kepada SKPD terkait antaranya Badan Penanggulangan Bencana, Dinas Sosial, Tim Tagana, beserta Tim ZAR, kab.Minsel untuk segera bergegas Patroli di daerah-daerah Rawan Bencana. Mengingat Kondisi dinamika atmosfer yang lembab dan basah serta kondisi lokal yang kuat, akibat curah hujan meningkatkan kejadian bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang , tanah longsor, serta angin kencang Puting beliung yg terjadi di wilayah Amurang timur, Pondang Pohon Tumbang Tepat di depan kantor Dinas Pendidikan, dan di jalan Trans Sulut, Mobongo-Kapitu.

Bupati Minsel mengatakan juga dalam beberapa hari curah hujan relatif tinggi. Di prakirakan potensi hujan lebat disertai kilat, petir serta angin kencang masih terus meningkat untuk itu “Mari Kita Berdoa Panjatkan permohonan belas kasih Tuhan agar Kabupaten Minsel bisa terlindungi, dari ancaman Bahaya yang tidak kita inginkan.(Ted/tim)

Iklan