Antisipasi Kemacetan Bupati Minsel Akan Bangun By pass


Amurang,LintasSuaraKawanua– Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Minahasa Selatan (Minsel), Jootje Tuerah, ST MT mengatakan, janji Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE untuk membangun jalan lingkar (By Pass) Amurang dipastikan terus dikerjakan tahun 2017 ini.

“Pemasangan patok-patok nya sudah dilakukan pada April 2016 lalu dan akan terus dikerjakan pada tahun (2017) ini,” kata Tuerah.

Lagi Tuerah mengatakan, tahapan pembangunan Amurang By Pass tersebut dilakukan secara bertahap dan rampung paling lambat sebelum periode ke dua kepemimpinan Tetty, sapaan akrab Bupati Minsel ini berakhir tahun 2021.

“Ibu Bupati sudah menegaskan bahwa penataan jalur pembangunan ruas jalan tersebut harus dilakukan pada tahun ini,” katanya, baru-baru.

Ruas jalan di sisi Pantai Amurang tersebut telah ditetapkan dibangun mulai dari Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat sampai Desa Matani Kecamatan Tumpaan disertai dengan pembangunan sekira 10 hingga 11 jembatan.

‘’Soal anggarannya, ibu bupati terus melobi Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR karena anggaran yang dibutuhkan mencapai ratusan miliar. Kalau hanya mengandalkan dana APBD, tentu saja kita tidak mampu kecuali hanya untuk biaya pembebasan lahannya saja,” paparnya.

Pembangunan jalan lingkar tersebut akan menjadi solusi utama untuk mengurai kemacetan di pusat kota Amurang, yang relatif padat dan sempit. Upaya Pemkab Minsel melakukan pelebaran jalan utama masih terkendala di kawasan pusat perdagangan dan bisnis.

Tuerah mengharapkan peran aktif dan kesadaran mastarakat Kota Amurang dalam mendukung pembangunan jalan By Pass Amurang.

“Kerjasama dan kesadaran sangat dibutuhkan kepada para pemilik tanah yang masuk dalam jalur pembangunan jalannya. Tolong jangan menjadikan kesempatan ini sebagai peluang untuk menaup untung besar dengan menaikkan harga jual tanah karena pemerintah hanya mampu membayar sesuai dengan NJOP,” kata Tuerah.(ted/han)

Iklan