Lakoy :Yayasan Tahan Kepsek Usia Pensiun, Dikpora Minsel Tidak Berdaya


Amurang,LintasSuaraKawanua- Pihak yayasan terkesan sering melanggar Aturan mengenai penempatan PNS atau Kepala Sekolah pada Sekolah Yayasan. Buktinya penempatan kepsek di sekolah yayasan sering mendapat intervensi pihak yayasan,parahnya lagi PNS Yang sudah pensiun masih dipertahankan oleh pihak Yayasan.

Menurut peduli pendidikan Karel H Lakoy
saat ini Diknas menjadi dilematis dalam mengambil sikap tegas kepada kepsek yayasan yang sudah Pensiun. Ini dibuktikan dengan beberapa kepsek di Sekolah -Sekolah tersebut yang sudah lama pensiun tapi tetap dipertahankan oleh pengelolah yayasan.

Menjadi pertanyaan kami disini adalah.. apakah kepsek-keosek tersebut masih bisa mengambil keputusan untuk menandatangani ijazah untuk  lulusan murid di sekolah tersebut. “Apakah mereka bisa memandatangani dana pencairan dana pemerintah lewat dana BOS dan lainnya.

Sebagai contoh, ada satu sekolah negeri yang sudah pensiun kepseknya beliau tidak dapat lagi mengelolah dana-dana tersebut sehingga  di angkat kepsek khusus yang mengelolah dana Dari pemerintah. 

Lagi Lakoy Mengatakan apakah tindakan dari pemerintah terkait berhubungan dengan hal ini. Karena gaji Kepsek yang masih berstatus PNS dibayar oleh Pemerintah karena masih terikat dengan ASN. Sementara Kepsek yang sudah pensiun tidak masuk pada kategori  ASN. untuk itu perlunya ada ketegasan dari instansi yang berwewenang.”ketegasan dari instansi berwewenang berhubungan dengan hal inj, dan sikap proaktive dan sikap iklas dari yayasan berhubungan dengan hal ini.” Kata Lakoy. (hanny)

Iklan