Bupati Minsel hadiri Undangan Resmi BPK


​Amurang,ASK-Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE di dampingi Sekda Minsel Drs.Danny Rindengan, Kabag Humas Franky Mamangkey, SIP,  menghadiri Undangan Resmi BPK-RI, dalam kegiatan FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) lewat “Evaluasi Opini LKPD Berbasis Akrural Untuk Tahun 2015 dan 2016 di Lingkungan Pemerintah Daerah Se- Sulawesi Utara.” Senin 14 November 2016, di Aula Kantor Walikota Bitung.  Acara berlangsung yang di buka secara Resmi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, dalam sambutan Gubernur, beliau memberikan apresiasi kepada BPK-RI, atas terselenggarahnya kegiata FGD ini,sebagaimana  Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 menyatakan bahwa setiap entitas pelaporan, baik pada pemerintah pusat maupun daerah wajib melaksanakan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual pada tahun 2015-2016. 

Sebagai salah satu persiapan dalam rangka pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang sejak tahun 2015 sudah menerapkan SAP berbasis akrual, termasuk Provinsi Sulawesi Utara. dalam As kepala BPK-RI wilayah Sulut Endang Tuti Kardiani, mengatakan  FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) lewat “Evaluasi Opini LKPD Berbasis Akrural Untuk Tahun 2015 dan 2016 kiranya memberikan pemahaman kedepan tentang   opini LKPD dapat memberikan gambaran umum mengenai evaluasi  penerapan akuntansi berbasis akrual dan peraturan yang terkait. 

Melalui Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah Berbasis Akrual, dengan  kebijakan terkait akuntansi berbasis akrual, acara di langsungkan dengan Diskusi, dengan bebrapa nara sumber antara lain, H. Syarifudin Mosli, SE, M.M, sebagai auditor Utama Keuangan Negara VI BPK-RI. dengan Materi Isu Penting yang berpotensi mempengaruhi Opini BPK RI atas LKPD dimasa datang, Bapak Dadang Kurnia, AK,MBA,CA,CGAP,QIA, sebagai Deputi  Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, dengan Materi Peran  Pengawasan Intern dalam peningkatan Akuntabilitas 

“Tata Kelola Keuangan Daerah (LKPD Berbasis Akrural).serta Prof.DR. Gagaring Pagalung, SE,MS,AK,CA, sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Hasanudin Makasar, dengan materi Peran Akutansi Akrural, Dalam Pencegahan Korupsi serta pengujian sistim Pengendalian Pemerintah (PP.No.60 tahun 2008, acara ini di ikuti oleh Bupati/Walikota se- sulut, dan jajaran Pemkab Minsel, antara Lain, Kadis Keuangan, Drs. Denny Kaaowan, Kepala Inspektorat Adri Keintjem, dan Steven Kumarurung, kasubag bidang keuangan.(hms/tim)

Iklan