Bupati CEP Datangkan Dana DAK 128,6,M  Untuk Kabupaten Minsel

Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE

Amurang,SuaraKawanua– Ini dianggap sebagai prestasi lobi membanggakan dari Bupati Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE. Pasalnya, di tahun 2017 mendatang, Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dipastikan memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp.128,616 miliar.
“Angka ini terbesar dari semua kabupaten kota se Provinsi Sulawesi Utara,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kasid PU) Minsel, Jootje M Tuerah, ST MM di ruang kerjanya, Senin (14/11).

 

Menurutnya, DAK 2017 sebesar itu merupakan hasil perjuangan dan lobi yang tak pernah kenal lelah dari ibu Tetty, sapaan akrab Bupati Minsel ini yang akan dialokasikan untuk tujuh satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
Ke tujuh SKPD tersebut adalah Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora), Dinas Koperasi UKM Pasar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pertanian dan Peternakan serta Dinas Kelautan dan Perikanan.
Tuerah menjelaskan, terbesar diperoleh Dinas PU yakni Rp 84.810 miliar, yang terdiri dari Cipta Karya (Sanitasi) Rp 3.238 miliar, dan Sumber Daya Air (SDA) Rp 5,6 miliar dan Irigasi sebesar Rp 7.678 miliar. “Sisanya untuk pembangunan jalan dan jembatan melalui Bina Marga,” ungkapnya.
Sedangkan untuk Dinas Koperasi UKM Pasar, lanjutnya, dialokasikan sebesar Rp 3,674 miliar, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rp 1,535 miliar, Dinas Kelautan dan Perikanan Rp 1,224 miliar, Dinas Pendidikan (Sekolah Dasar) Rp 2,049 miliar dan untuk SMP senilai Rp 5.650 miliar.
Sementara itu untuk Dinas Kesehatan mendapat jatah DAK 2017 sebesar Rp 2,510 miliar, kefarmasian Rp 2.612 miliar dan Badan Keluarga Berencana Rp 1,060 miliar. “Sedangkan alokasi DAK untuk dana prioritas daerah sebesar Rp 3.765 miliar,” jelasnya.

Tuerah mengatakan, Minsel juga termasuk terbesar untuk alokasi DAK 2016. Namun karena terjadi penghematan anggaran dari pemerintah pusat maka terjadi pemangkasan sekitar 17,5 persen.
Tapi untuk DAK 2017 saya yakin tidak aka nada lagi kebijakan pemangkasan anggaran karena keuangan Negara semakin membaik dengan keberhasilan program tax amnesty.
“Dengan alokasi anggaran DAK sebesar ini, maka akan semakin membuka peluang untuk mewujudkan Minsel yang hebat dan semakin terdepan dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.(Ape/han)

Iklan