Peringati Hari Rabies Sedunia CEP-FDW Dampingi Wagub Sulut Hadiri Pengendalian Rabies Terintegrasi 

Amurang,SuaraKawanua-Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, di dampingi wakil Bupati Minsel Franky Wongkar menghadiri “pencanangan Gerakan Pengendalian Rabies Terintegrasi dalam rangka Peringatan Hari Rabies se-Dunia Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2016.” bertempat di

halaman Gedung Makedonia Lopana. kamis 3/11-2016. kegiatan tersebut merupakan program Dinas Kesehatan Sulut, di mana kabupaten Minsel menjadi Tuan rumah penyelenggaraan pencangan GPRT, dalam Rangka HRD, di Sulut. sebagaimana dalam laporan kegiatan yang di sampaikan Kadis Kesehatan Sulut dr.Jemmy Lampus, mengatakan Rabies adalah penyakit infeksi tingkat akut pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus rabies.

 Penyakit ini bersifat zoonotik, yaitu dapat ditularkan dari hewan ke manusia.Virus rabies ditularkan ke manusia melalu gigitan hewan misalnya oleh anjing, kucing, kera, rakun, dan kelelawar. di mana penyakit ini di minsel termasuk kategori kasus tinggi setelah daerah lain. untuk itu dalam sambutan Wakil Gubernur Sulut mengatakan, kita harus waspada terhadap kasus rabies, bukan hanya puluhan orang melainkan satu jiwapun harus di tolong,untuk itu Vaksin-vaksin perlu di salurkan,beliau meminta kepada stake holder, menyediakan vaksin di seluruh desa/kelurahan di kabupaten Minsel, di mana Pengobatan yang segera terhadap luka gigitan yang adalah faktor penting dalam pencegahan rabies di atasi segera.

 

Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu, lewat Prakata di sampaikan, mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur beserta rombongan serta segenap jajaran Provinsi Sulut, Bupati Minsel memberikan Apresiasi lewat kegiatan ini, merupakan kepercayaan di laksanakan .

“Penangan Gerakan Pengendalian Rabies Terintegrasi , Dan Peringatan hari Rabies sedunia. tahun 2016. di sampaikan Bupati, Kabupaten Minsel telah melakukan berbagai upaya, dengan sosialisasi2 tentang bahaya Rabies, terlebih Vaksinasi Anti Rabies (VAR), kepada masyarakat, dan saya berterima Kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut, dalamm hal ini bapak Wakil Drs.Steven Kandow, atas perhatian, dalam memberikan bantuan Vaksin.

 Tentunya Pemerintah Kabupaten@ Minsel, siap Mendukung sepenuhnya Program Pemprov. Sulut, untuk membentuk masyarakat yang sehat dan Sejahtera, demi terwujudnya Sulut yang Berdikari, dalam Ekonomi,Berdaulat dalam Politik, dan berkepriibadian dalam Budaya. sekali lagi atas nama Pemerintah, Kab Minsel menyampaikan terima kasih atas pusat Kegiatan tersebut.(hms/tim)

Iklan