Bupati CEP Hadiri HUT TNI Ke 71

Amurang, SuaraKawanua-Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu SE, menghadiri Upacara Peringatan HUT TNI Ke-71 tahun 2016, tepatnya di lapangan Mega Mas Manado 5 Oktober 2016, Bupati Minsel yang akrab di panggil Tetty Paruntu tampil dengan menggunakan baju Putih hitam yang tampil memukau, sebelum masuk ke tempat Upacara, Bupati Minsel tiba sebelum acara di mulai, dan berkesempatan rehat bersama Gubernur, beserta Forkompida Sulut. di tempat yang di siapkan panitia.

Hut TNI kali ini mengambil Tema  “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian.

” Sebagai Inspektur Upacara Gubernur Sulut Olly Dondokambey, memasuki lapangan upacara di ikuti oleh Forkompida & Bupati/Walikota, Upacara berlangsung secara Militer, oleh Angkatan Laut,Udara,Darat, Pemeriksaan barisan  di lakukan oleh Gubernur dan klembali ke Podikum, Dalam Sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di sampaikan Gubernur Sulut, dalam isi Pidato tersebut,, kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat, merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa untuk turut serta dalam bela negara.

“Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah-tengah arus globalisasi, yang terus bergerak secara dinamis,” Panglima TNI memberikan beberapa instruksi kepada seluruh prajurit TNI, di antaranya; Pertama, tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa.Kedua, junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan NKRI, yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia 1945.

Ketiga, pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman pada “sapta marga”, “sumpah prajurit”, “delapan wajib TNI”, taati hukum dan hormati Hak Asasi Manusia (HAM).
Keempat, bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

Kelima, selalu hadir di tengah-tengah anggota dan masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah yang dapat memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan maupun lingkungan di mana pun berada.

Keenam, menyikapi pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di seluruh Indonesia pada tahun 2017, kepada seluruh prajurit TNI beserta PNS TNI wajib mengedepankan netralitas TNI dalam setiap tahapan proses pilkada. mengakhiri Sambutan Gubernur Sulut Menberikan Apresiasi kepada TNI yang telah berupaya menjaga NKRI, atas nama Pemerintah Sulawesi Utara, menyampaikan “SELAMAT HUT TNI KE 71” DIRGAHAYU TNI JAYALAH NEGERI INDONESIA.(hms/ hape)

Iklan