SPAM IKK Air Bersih Motoling Timur Dipertanyakan

Motoling, SuaraKawanua – Proyek air bersih berasal dari APBN tahun 2013 di Kecamatan Motoling Timur diduga terbengkalai. Itu dikarenakan, proyek dengan anggaran Rp 7 miliar tersebut sudah dipasangpipa-pipa. Tetapi, karena tidak sesuai bestek, maka pipa tersebut justru dirusak oleh proyek  jalan. Parahnya, akibat pipa telah rusak warga sekitar mengambilnya.

Dari pantauan media ini, bahwa benar proyek SPAM IKK Kecamatan Motoling Timur terbengkalai. Tapi, ternyata proyek tersebut hanya dibiarkan tanpa ada pengawasan tunggal oleh instansi terkait.

‘’Ya benar, bahwa proyek SPAM IKK Kecamatan Motoling Timur tahun 2013 tidak selesai. Sesuai amatan, bahwa penggalian pipa distribusi 6 ince dengan standar galian 1 meter. Tetapi, pekerjaannya hanya digali 30 centimeter. Menariknya, pemasangan pipa tersebut sepanjang 6 kilmeter,’’ujar warga Desa Tokin Kecamatan Motoling Timur, namun meminta namanya tidak ditulis.

Namun demikian, kata sumber diatas. Herannya, tahun 2015 keluar lagi anggaran baru yang dialokasi melalui APBN. Namun, masalah besar anggaran jelas sumber diatas belum diketahui berapa besarnya.

‘’Berarti, proyek ini adalah akal-akalan oleh sejumlah oknum di Minsel ataukah di Sulut. Oleh sebab itu, sebagai warga meminta Kejati Sulut atau pun Polda Sulut segera turun dan melakukan pemeriksaan atas proyek dimaksud,’’katanya.

Dikatakan warga Wanga Raya juga melihat, bahwa proyek SPAM IKK Motoling Timur hingga saat ini tidak dialiri air bersih. ‘’Padahal, proyek diatas dengan anggaran miliaran rupiah. Namun, sebagai warga Wanga Raya justru mengaku tidak mengkonsumsi air bersih. Jadi, kata warga, ini salah siapa? Kontraktorkah atau ada oknum di PDAM Minsel yang melakukan permainan,’’tanyanya.

Direktur Utama PDAM Minsel, John Sorongan belum bisa dikonfirmasi terkait masalah diatas. ‘’Maaf, bapak lagi keluar. Kalau ada hal penting yang ingin dikonfirmasi, silahkan sampaikan,’’sebut salah satu staf yang enggan namanya ditulis. (Hape)

Iklan