Kepsek Se Minsel Belajar Kelola Dana Bos

Amurang, SuaraKawanua- Rencana pemeriksaan pengelolaan keuangan untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapat sambutan positif dari beberapa kepsek. Menurut mereka, dengan pemeriksaan yang semakin ketat, maka pengelolaan keuangan akan semakin baik. “Saya mendukung hal tersebut. Kami sendiri menjadi sampel sekolah tingkat dasar yang diperiksa langsung oleh kementrian,” kata J. Pangkey, Kepala Sekolah SDN 2 Amurang.

Diwawancara terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, sekaligus pembawa materi, DR Fietber Raco MSi mengatakan sosialisasi peningkatan manajemen dana BOS digelar sebelum pemeriksaan lanjutan dana BOS untuk triwulan satu hingga empat. “Kedepan semuanya akan diperiksa oleh BPK sama seperti keuangan negara lainnya,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya sosialisasi tersebut maka para Kepsek dapat lebih memahami cara pengelolaan dana BOS yang benar. “Jangan sampai sudah mengikuti sosialisasi, tapi ditemui penyelewengan dana BOS oleh BPK. Ini tentu mempermalukan nama daerah,” jelasnya. Lebih jauh dia menjelaskan agar para kepsek dapat mengelolaan keuangan sesuai dengan juknis serta standar yang ada.(Ted/tim)

Iklan